Sunday, April 21, 2013

Buku Penjualan, Buku Penerimaan Kas & Buku Kas Kecil



BAB VII : BUKU PENJUALAN, BUKU PENERIMAAN KAS DAN BUKU KAS KECIL
KEGIATAN PERUSAHAAN DAGANG
Secara garis besar, siklus siklus kegiatan dagang meliputi kegiatan-kegiatan :
1, Pembelian 2, pengeluaran uang 3, penjualan 4, penerimaan uang

Pembelian
Dalam sebuah perusahaan dagang kegiatan pembelian meliputi pembelian aktiva produktif,pembeliaan barang dagang serta pembelian barang dan jasa lain dalam rangka kegiata usaha. Pembelian dapat d lakukan secara kredit maupun tunai dan pada umumnya dilakukan kepada beberapa supplier

Pembayaran
Pembeliaan dapat diikuti pembayaran. Kapan suatu pembelian harus dibayar, tergantung pada syarat jual beli yang ditetapkan. Disamping pembeliaan barang dan jasa, pembayaran dapat dilakukan untuk keperluan lain, misalnya mengembalikan pinjaman atau membagikan laba kepada pemilik.
 
Penjualan
Pada saat perusahaan menjual barang dagangnya, maka diperoleh pendapatan. Jumlah yang dibebankan kepada pembeli untuk barang dagang yang diserahkan merupakan pendapatan perusahaan yang bersangkutan. Untuk perusahaan dagang akun yang digunakan untuk mencatat penjualan barang dagang disebut “penjualan”

Penerima Uang
Penjualan akan diikuti penerimaan uang. Seperti halnya pembelian, penerimaan uang dari suatu penjualan, tergantung pada syarat jual beli yang ditentukan.


SYARAT JUAL BELI
Seperti yang sudah diterangkan, pada waktu membeli atau menjual, perusahaan terikat pada syarat jual beli yang sudah ditetapkan.

Loko Gudang
Pada syarat jual beli ini pembeli menanggung biaya pengiriman barang dari gudang penjual ke gudang sendiri. Bagi penjual, begitu barang sudah dipindah ke truk yang disewa pembeli untuk mengangkut barang tersebut kegudang ya, maka penjual dapat diakui dan d catat dalam pembukuan.

Franco Gudang
Kebalikan dari syarat loko gudang adalah franco gudang pada syarat ini, penjual menanggung biaya pengiriman barang sampai ke gudang pembeli.

Free On Board
Untuk perdagangan luar negri terdapat istilah free on board (FOB) dan cosh freight and insurance (CIF). Dalam syarat jual beli yang dinyatakan dengan free on board.

Cost, Freight, and Insurance (CIF)
Ada kalanya dalam perjanjian jual beli disebutkan bahwa penjual harus menanggung biaya pengiriman ( pengangkutan ) dan asuransi kerugian atas barang tersebut.

POTONGAN HARGA
Disamping syarat-syarat tersebut di atas, ketentuan jaul beli mungkin juga terhubung dalam masalah potongan harga ( discount )

No comments:

Post a Comment