Sunday, April 21, 2013

Neraca Lajur, Jurnal Penyesuaian & Laporan Keuangan

BAB IX : NERACA LAJUR, JURNAL PENYESUAIAN DAN LAPORAN KEUANGAN
JURNAL PENYESUAIAN 
Jurnal penyesuaian dapat digolongkan menjadi 4 yaitu :
1.      Jurnanal penyesuaian yang mempengaruhi beban dan utang. Jurnal penyesuaian ini perlu dibuat karena adanya beban yang telah terjadi, tetapi belum di catat. Beban-beban semacam ini disebut beban masih harus dibayar ( accrued expenses )
2.      Jurnal penyesuaian yang mempengaruhi akun beban dan aktiva. Jurnal penyesuaian ini perlu dibuat karena saldo akun yang ada sudah tidak mencerminkan keadaan beban dan aktiva yang sebenarnya.
3.      Jurnal penyesuaian yang mempengaruhi akun pendapatan dan aktiva. Jurnal penyesuaian ini berhubungan dengan pendapatan yang telah dihasilkan tetapi belum dicatat. Kadang-kadang pendapatan ini disebut pendapatan masih harus diterima (accrued revenues )
4.      Jurnal penyesuaian yang mempengaruhi akun pendapatan dan utang. Jurnal ini berhubungan dengan saldo akun pendapatan atau utang yang sudah tidak mencerminkan keadaan sebenernya. Penerimaan uang untuk pendapatan yang belum dihasilkan adalah contoh dari jurnal penyesuaian ini. Penerimaan uang itu akan menjadi pendapatan dimasa datang. Pendapatan ini disbut pendapatan diterima di muka (unearned revenues )

ASURANSI DIBAYAR DI MUKA
Jurnal penyesuaian untuk premi asuransi yang telah jatuh tempo tidak berbeda dengan jurnal penyesuaian untuk pemakaian perlengkapan. Saldo akun asuransi di bayar di muka di neraca saldo adalah jumlah premi asuransi yang belum jatoh tempo pada awal tahun ditambah dengan pembayaran-pembayaran premi yang dilakukan selama setahun. Analisis terhadap polis-polis asuransi menunjukan bahwa premi asuransi yang telah jatuh tempo.
PEMAKAIAN AKTVA TETAP
Pembebanan beban yang disebahkan oleh pemakaian aktiva tetap dicerminkan dalam penyusutan. Pada akhir tahun pembebanan beban penyusutan belum di catat, olehkena itu secara neto, akun aktiva tetap sudah tidak mencerminkan keadaan sebenarnya.
PENGAKUAN BEBAN TERUTANG
Utang Gaji
Upah dan gaji yang menjadi hak pegawai tetapi belum saatnya dibayar merupakaan utang bagi perusahaan. Utang ini serta beban yang berhubungan dengannya belum dicatat. Sehingga perludibuatkan ayat penyesuaian jurnal.

No comments:

Post a Comment