BAB
II DASAR STATISTIKA DESKRIPTIF
Pertemuan Ke-2
SUB POKOK BAHASAN :
2.1 Pengertian Distribusi
Frekuensi
2.2 Istilah-istilah dalam
distribusi frekuensi
2.3 Penyusunan tabel frekuensi
2.4
Jenis Distribusi Frekuensi
I.
Selesaikanlah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan
singkat dan jelas!
1.
Pengelompokkan data berdasarkan angka-angka tertentu disebut
distribusi frekuensi … JAWAB : numerikal
2.
Pengelompokkan data berdasarkan kategori-kategori tertentu
dan kelas-kelasnya adalah kelas kualitatif disebut distribusi frekuensi … JAWAB
: katagorikal
3.
Nilai batas dari tiap kelas dalam sebuah distribusi frekuensi
disebut JAWAB : Batas Kelas (Class
Limit)
4.
Rata-rata hitung dari kedua batas kelasnya atau tepi kelasnya
disebut … JAWAB : Mid Point/ Class Mark/
Titik Tengah
5.
Dalam menentukan jumlah kelas yang dipergunakan dalam
penggolongan data menggunakan rumus “Kriterium Sturges” yaitu … JAWAB :
K =
1 + 3,3 log N
K =
jumlah kelas
N =jumlah
data yang diobservasi
6.
Untuk menentukan besar/ panjang kelas dari data yang belum
dikelompokkan menggunakan rumus … JAWAB :
I
= R/K atau panjang kelas = jangkauan : banyak kelas
7.
Untuk menentukan besarnya range/jangkauan data digunakan
rumus … JAWAB :
R = Xmax - Xmin
R = range/jangkauan
data
Xmax = nilai
terbesar
Xmin =
nilai terkecil
Untuk
soal no. 8– 23, gunakan data tabel distribusi frekuensi di bawah ini :
Nilai Ujian
|
Frekuensi
|
21 – 30
|
5
|
31 – 40
|
8
|
41 – 50
|
12
|
51 – 60
|
15
|
61 – 70
|
20
|
71 – 80
|
16
|
81 – 90
|
14
|
91 – 100
|
18
|
8.
Banyaknya kelas pada tabel di atas adalah … JAWAB :
N = 5 + 8 + 12 + 15 +
20 + 16 + 14 + 10
= 100
K = 1 + 3,3 log N
= 1 + 3,3 log 100
= 1 + 3,3 . 2
= 1 + 6,6
= 7,6
K1 = 7
K2 = 8
R = Xmax - Xmin
= 100 – 21
= 79
I1 =
I2 =
K = 7 , I = 11
K . I
7. 11
77 (tidak berlaku)
K = 7 , I = 12
K . I
7. 12
84 (berlaku)
K = 8 , I = 9
K . I
8. 9
72 (tidak berlaku)
K = 8 , I = 10
K . I
8. 10
80 (berlaku)
selisih terkecil
K = 8
9.
Besar/panjang/lebar interval kelas dari distribusi frekuensi
di atas adalah … JAWAB :
I = 10
10. Batas bawah
untuk kelas ke 5 adalah … JAWAB :
Kelas ke 5 = 61 – 70
Batas bawah kelas = 61
11. Batas atas untuk
kelas ke 4 adalah … JAWAB :
Kelas ke 4 = 51 – 60
Batas atas kelas = 60
12. Tepi bawah untuk
kelas ke 2 adalah … JAWAB :
Kelas ke 2 = 31 – 40
Tepi bawah kelas =
batas bawah kelas – 0,5
= 31 – 0,5
= 30,5
13. Tepi atas untuk
kelas ke 7 adalah … JAWAB :
Kelas ke 7 = 81 – 90
Tepi atas kelas =
batas bawah kelas – 0,5
= 90 + 0,5
= 90,5
14. Tepi bawah untuk
kelas ke 1 adalah … JAWAB :
Kelas ke 1 = 21 – 30
Tepi bawah kelas =
batas bawah kelas – 0,5
= 21 – 0,5
= 20,5
15. Tepi atas untuk
kelas ke 3 adalah … JAWAB :
Kelas ke 3 =
41 – 50
Tepi atas kelas =
batas bawah kelas – 0,5
= 50 + 0,5
= 50,5
16. Banyaknya data
dari tabel di atas adalah … JAWAB :
N = 5 + 8 + 12 + 15 +
20 + 16 + 14 + 10
= 100
17. Total frekuensi
dari tabel di atas adalah … JAWAB :
Total Frekuensi = N =
100
18. Nilai tengah
untuk kelas ke 8 adalah … JAWAB :
Kelas ke 8 = 91 – 100
19. Frekuensi untuk
kelas ke 7 adalah … JAWAB:
Kelas ke 7 = 81 – 90
Frekuensi = 14
20. Frekuensi
relatif kelas ke-4 adalah.... JAWAB:
Kelas ke 4 = 51 – 60
Frekuensi = 15
21. Frekuensi
relatif kelas ke-8 adalah... JAWAB :
Kelas ke 8 = 91 – 100
Frekuensi = 10
22. Frekuensi
kumulatif lebih dari untuk kelas ke 1 sama dengan … JAWAB :
Fk untuk
Kelas ke 1 = 5 + 8 + 12 + 15 + 20 + 16
+ 14 + 10
=
100
23. Frekuensi
kumulatif kurang dari untuk kelas ke 1 adalah........ JAWAB :
Fk untuk
Kelas ke 1 = 5
24. Tujuan dibuatnya
tabel distribusi frekuensi adalah : JAWAB : untuk mengatur data mentah (belum
dikelompokkan) ke dalam bentuk yang rapi tanpa mengurangi inti informasi yang
ada.
25. Jika dari table
distribusi frekuensi diketahui salah satu kelasnya 100 – 114, maka tepi atas
kelas dan tepi bawah kelasnya adalah : JAWAB :
Tepi atas kelas =
batas bawah kelas – 0,5
=
114 + 0,5
=
114,5
Tepi bawah kelas =
batas bawah kelas – 0,5
=
100 – 0,5
=
99,5
26. Dari no 25,
interval dari kelas tersebut adalah…….. JAWAB :
Tepi atas kelas - Tepi bawah kelas = 114,5 – 99,5 = 15
27.
Jika diketahui banyaknya data dari hasil pengamatan adalah
100, maka untuk membuat tabel distribusi frekuensi digunakan … kelas JAWAB : 8 kelas
N = 100
K = 1 + 3,3 log N
= 1 + 3,3 log 100
= 1 + 3,3 . 2
= 1 + 6,6
= 7,6
= 8
28. Jika diketahui
data terbesar dari pengamatan soal no.25 adalah 90 dan data terkecil adalah 22.
Tentukan range dari data tersebut … JAWAB :
Xmax
= 90
Xmin
= 22
R = 90 – 22 =
68
29. Jika diketahui
banyaknya data dari hasil pengamatan adalah 40, maka untuk membuat tabel
distribusi frekuensi digunakan … kelas. JAWAB : 6 kelas
N = 100
K = 1 + 3,3 log N
= 1 + 3,3 log 40
= 1 + 3,3 . 1,6
= 1 + 5,28
= 6,28
= 6
30. Diketahui data :
7, 13, 6, 1, 4, 21, 6, 23, 5 Range atau jangkauannya adalah……….. JAWAB :
Urutan data : 1, 4, 5, 6, 7, 13, 21, 23
Xmax
= 23
Xmin
= 1
R = 23 – 1 =
22
Untuk soal no. 31– 35, gunakan
data tabel distribusi frekuensi di bawah ini :
Nilai Ujian
|
Frekuensi
|
21 – 30
|
5
|
31 – 40
|
8
|
41 – 50
|
12
|
51 – 60
|
15
|
61 – 70
|
20
|
71 – 80
|
16
|
81 – 90
|
14
|
91 – 100
|
18
|
31.
Frekuensi relatif untuk kelas ke 5 adalah … JAWAB :
Kelas ke 5 = 61 – 70
Frekuensi = 20
32. Frekuensi
kumulatif kurang dari untuk kelas ke 3 adalah … JAWAB :
Fk untuk
Kelas ke 3 = 5 + 8 + 12
=
25
33. Frekuensi
kumulatif lebih dari untuk kelas ke 2 adalah … JAWAB :
Fk untuk
Kelas ke 2 = 8 + 12 + 15 + 20 + 16 + 14
+ 10 = 95
34. Frekuensi kumulatif
relatif kurang dari untuk kelas ke 3 adalah JAWAB :
Fk relatif untuk
Kelas ke 3
Fk untuk
Kelas ke 3 = 5 + 8 + 12
=
25
35. Frekuensi
kumulatif relatif lebih dari untuk kelas ke 3 adalah … JAWAB :
Fk relatif untuk
Kelas ke 3
Fk untuk
Kelas ke 3 = 12 + 15 + 20 + 16 + 14 +10
=
87
II. Aplikasi Microsoft Excel dan
SPSS dalam Statistik Deskriptif
Buatlah tabel distribusi
frekuensi dari data berikut dengan menggunakan MS Excel dan SPSS Data nilai
Mata Kuliah Statistik Deskriptif suatu kelas adalah sebagai berikut :
50
|
56
|
89
|
97
|
65
|
40
|
55
|
75
|
59
|
100
|
45
|
76
|
87
|
89
|
85
|
67
|
65
|
95
|
45
|
76
|
66
|
60
|
68
|
74
|
58
|
86
|
97
|
91
|
95
|
96
|
45
|
56
|
76
|
87
|
46
|
78
|
73
|
82
|
76
|
88
|
56
|
69
|
89
|
90
|
67
|
65
|
44
|
78
|
88
|
67
|
R = Xmax - Xmin
= 100 – 40
= 60
N = 50
K = 1 + 3,3 log
N
= 1 + 3,3
log 50
= 1 + 3,3 . 1,69
= 1 + 5,57
= 6,57
K1 = 6
K2 = 7
I1 =
I2 =
K = 6, I = 10
K . I
6. 10
60 (tidak berlaku)
K = 7 , I = 8
K . I
7. 8
56 (tidak berlaku)
K = 7 , I = 9
K . I
7. 9
63 (berlaku)
K = 7 , I = 9
Tabel Distribusi Frekuensi
Interval
|
Turus
|
frekuensi
|
Xi
|
TB
|
TA
|
Frelatif
|
≤
|
Fk ≤
|
≥
|
Fk ≥
|
40-48
|
||||||
|
6
|
=44
|
40-0,5=
39,5
|
48+0,5=
48,5
|
≤48,5
|
6
|
39,5
|
50
|
|
49-57
|
||||||
|
6
|
=53
|
49-0,5=
48,5
|
57 +0,5=
57,5
|
≤57,5
|
12
|
48,5
|
44
|
|
58-66
|
|||||||
|
7
|
=62
|
58-0,5=
57,5
|
66+0,5=
66,5
|
≤66,5
|
19
|
57,5
|
38
|
|
67-75
|
||||||||
|
8
|
=71
|
67-0,5=
66,5
|
75+0,5=
75,5
|
≤ 75,5
|
27
|
66,5
|
31
|
|
76-84
|
|||||||
|
7
|
=80
|
76-0,5=
75,5
|
84+0,5=
84,5
|
≤ 84,5
|
34
|
75,5
|
23
|
|
85-93
|
||||||||||
|
10
|
=89
|
85-0,5=
84,5
|
93+0,5=
93,5
|
≤93,5
|
44
|
84,5
|
16
|
|
94-102
|
||||||
|
6
|
=98
|
94-0,5=
93,5
|
102+0,5=
102,5
|
≤102,5
|
50
|
93,5
|
6
|
50
Pertemuan Ke-3
SUB POKOK BAHASAN :
2.4 Data belum dikelompokkan
(Rata-rata, Median, Modus, Kuartil, Desil, dan Persentil)
I. Selesaikanlah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
1.
Menghitung rata-rata untuk data yang belum dikelompokkan
digunakan rumus … JAWAB :
X = µ = 1/N ∑ x1 = 1/N( x1 + x2
+ … +xn)
2.
Yang termasuk ukuran gejala pusat adalah … JAWAB : Mean, Median, dan Modus
3.
Nilai yang membagi sehimpunan data menjadi sepuluh bagian
yang sama disebut … JAWAB : Desil
4.
Nilai-nilai yang membagi sehimpunan data menjadi empat bagian
yang sama disebut … JAWAB : Kuartil
5.
Persentil adalah…….. JAWAB : fraktil yang membagi seperangkat data menjadi seratus bagian yang sama.
6.
Median adalah … JAWAB : suatu
ukuran pemusatan data yang menempati posisi tengah jika data diurutkan menurut
besarnya.
7.
Rumus untuk menentukan Median data yang belum dikelompokkan
adalah … JAWAB :
Median = (N + 1)/2
8.
Rumus menentukan kuartil data yang belum dikelompokkan
adalah: JAWAB :
Qi
=
9.
Hubungan empiris antara median, modus dan mean (rata-rata)
adalah … JAWAB :
Simetris jika X = Median = Modus
Ke arah kanan / positif jika, X > Median > Modus
Ke arah kiri / negatif jika, X = Median < modus
Untuk soal no. 10 – 12 gunakan data berikut ini :
10 12 7 13 8 10 3 20 7 11 9
10. Tentukan
rata-rata hitungnya … JAWAB :
x =
11. Tentukan
mediannya … JAWAB :
Urutan
data : 3 7 7 8 9 10 10 11 12 13 20
Median = 10
12. Tentukan
modusnya … JAWAB : Nilai yang paling
sering muncul adalah 7 dan 10
Untuk
soal no. 13 – 18 gunakan Tabel berikut ini :
X
|
255,00
|
265,00
|
275,00
|
285,00
|
295,00
|
305,00
|
350,00
|
F
|
8
|
10
|
16
|
15
|
10
|
8
|
3
|
13. Tentukan mean
dari data di atas … JAWAB :
x =
14. Tentukan modus
dari data data di atas … JAWAB : Nilai
yang paling sering muncul adalah 10
15. Tentukan kuartil
bawah dari data di atas ... JAWAB :
Qi =
Letak Q1
= = =
Q1 =
X17 + 0,75 ( X18 – X17)
= 265 + 0,75 ( 265 - 265 )
= 265
16. Tentukan kuartil
atas dari data diatas.... JAWAB :
Qi =
Letak Q3
= = = 53,25 = 53 + 0,25
Q3 =
X53 + 0,25 ( X54 – X53)
= 295 + 0,25 ( 295 - 295 )
= 295
17. Tentukan P1 dari data diatas JAWAB :
Pi =
Letak P1
= = =
P1 =
X0 + 0,08 ( X1 – X0)
= 0 + 0,08 ( 255 - 0 )
= 20,4
18. Tentukan P5 dari data diatas JAWAB :
Pi =
Letak P5
= = =
P5 =
X3 + 0,55 ( X3 – X2)
= 255 + 0,55 ( 255 - 255 )
= 255
II. Aplikasi Microsoft Excel dan
SPSS Dalam Statistika Deskriptif
Dari tabel no.1 carilah
mean, median, modus, Kuartil pertama, Desil ke-4, dan Persentil ke-60 dengan
menggunakan aplikasi MS Excel dan SPSS
X
|
255,00
|
265,00
|
275,00
|
285,00
|
295,00
|
305,00
|
350,00
|
F
|
8
|
10
|
16
|
15
|
10
|
8
|
3
|
Mean
X
=
Median
= Q2
Q2 =
Letak Q2
= = = 35,5 = 35 + 0,5
Q2 =
X35 + 0,5 ( X35 – X34)
= 275 + 0,5 ( 285 - 275 )
= 285
Modus
= Nilai yang paling sering muncul adalah 10
Q1
Qi
=
Letak
Q3 = = = 53,25 = 53 + 0,25
Q3
= X53 + 0,25 ( X54
– X53)
= 295 + 0,25 ( 295 - 295 )
= 295
D4
Di
=
Letak
D4 = = = 2,84 = 2 + 0,84
D4
= X2 + 0,84 ( X3
– X2)
= 255 + 0,84 ( 255 - 255 )
= 255
P60
Pi
=
Letak
P60 = = = 42,6 = 42 + 0,6
P60
= X42 + 0,6 ( X43
– X42)
= 285 + 0,6 ( 285 - 285 )
= 285
Pertemuan
Ke-4
SUB
POKOK BAHASAN :
2.6 Data Berkelompok (Rata-rata,
Median, Modus, Kuartil, Desil, dan Persentil)
I.
Selesaikanlah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
Untuk soal no. 1 – 10 perhatikan
tabel berikut ini !
DAYA
|
FREKUENSI
|
TAHAN
|
|
9,3 – 9,7
|
2
|
9,8 – 10,2
|
5
|
10,3 – 10,7
|
12
|
10,8 – 11,2
|
17
|
11,3 – 11,7
|
14
|
11,8 – 12,2
|
6
|
12,3 – 12,7
|
3
|
12,8 – 13,2
|
1
|
1.
Titik tengah kelas pada kelas yang kelima adalah … JAWAB :
Kelas ke 5 = 11,3 – 11,7
xi =
2.
Frekuensi relatif pada daya tahan kabel antara 11,8 – 12,2
adalah … JAWAB :
Kelas ke 6 = 11,8 – 12,2
Frekuensi = 6
N = 60
3.
Frekuensi kumulatif kurang dari pada kelas yang ketiga adalah
… JAWAB :
Fk untuk
Kelas ke 3 = 2 + 5 + 12
=
19
4.
Frekuensi kumulatif lebih dari pada kelas yang ketiga adalah
… JAWAB :
Fk untuk
Kelas ke 3 = 12 + 17 + 14 + 6 + 3 + 1
=
53
5.
Rata-rata hitung dari tabel di atas adalah … JAWAB :
X =
6.
Median dari tabel di atas adalah … JAWAB :
Q2 =
Letak Q2 = = = 30,5 = 30 + 0,5
Q2 =
X30 + 0,5 ( X31 – X30)
= 17 + 0,5 ( 17 - 17 )
= 17
7.
Modus dari tabel di atas adalah … JAWAB :
Kelas ke 4 = 10,8 – 11,2 dengan frekuensi = 17
8.
Kuartil pertama dari tabel di atas adalah…. JAWAB :
Qi =
Letak Q1
= = =
Q1 =
X15 + 0,25 ( X16 – X15)
= 12 + 0,25 ( 12 - 12 )
= 12
9.
Desil kesembilan dari tabel di atas adalah … JAWAB :
Di
=
Letak
D9 = = = =
54,9 = 54 + 0,9
D9
= X54 + 0,9 ( X55 –
X54)
= 14
+ 0,9 ( 14 - 145 )
= 14
10. Persentil ke
sembilan puluh dari tabel di atas adalah … JAWAB :
Pi
=
Letak
P90 = = = =
54,9 = 54 + 0,9
P90
= X54 + 0,9 ( X55 – X54)
= 14 + 0,9 ( 14 - 14 )
= 14
No comments:
Post a Comment