Monday, April 22, 2013

[contoh Makalah] Sistem Informasi Manajemen: Sistem Penyiaran Radio



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perkembangan informasi dewasa ini sangat cepat, jika kita tidak mengikuti
perkembangan tersebut, maka kita akan ketinggalan informasi. Untuk menyampaikan informasi pada jarak yang jauh diperlukan suatu teknologi elektronika telekomunikasi  yang bisa diandalkan kemampuannya.    Salah satu sarana yang digunakan dalam proses penyampaian informasi adalah melalui sistem komunikasi radio broadcasting yang ditandai dengan berdirinya stasiun-stasiun pemancar yaitu stasiun radio.

Radio merupakan media dengar, murah, merakyat dan bisa di dengarkan dimana-mana. Radio berfungsi sebagai media ekspresi, komunikasi, informasi, pendidikan dan hiburan. Radio memang memiliki kekuatan yang luar biasa dibandingkan media massa lainnya. Dimana Radio mampu memberikan berita atau kabar paling baru untuk disiarkan pada pendengarnya. Berita merupakan sesuatu yang baru (news) yang mengandung makna penting (significant) dan ada pengaruhnya terhadap siapa pun yang mendengarnya, serta menarik bagi pendengar.
Siaran radio menurut  Undang-undang Penyiaran no 32/2002 adalah sebuah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran, yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan.
Sifat utama media radio adalah auditif, yaitu dikonsumsi telinga atau indera pendengaran. Radio disebut juga sebagai kekuatan kelima di negara karena radio memiliki kekuatan langsung dibawah surat kabar.
Radio juga merupakan jenis media komunikasi massa sebagai penyalur komunikasi yang sampai saat ini masih mendapat perhatian dari masyarakat. Beberapa kelebihan radio lah yang menjadi alasan mengapa sampai saat ini masih banyak masyarakat yang mencari informasi maupun hiburan lewat radio. Siaran yang berupa penyampaian pesan dalam bentuk informasi maupun hiburan, saat ini telah banyak disebarluaskan melalui berbagai stasiun radio.
Siaran radio di Indonesia terdiri dari beberapa jenis yang ditinjau dari  segi frekuensi, gelombang dan penyelenggara. Frekuensi yang terbagi ke dalam FM dan AM, gelombang terdiri dari long, short, dan medium wave, sedangkan dari segi penyelenggara, terdiri dari negara, swasta, komunitas, dan asing. Untuk lebih jelasnya kami akan jelaskan secara rinci dalam makalah ini.

B.     Tujuan
1.      Memenuhi tugas mata kuliah Sistem informasi Manajemen
2.      Mengetahui perkembangan radio
3.      Mengetahui sistem penyiaran di radio WinFm 95.7 Mhz Bogor

C.    Visi  Dan Misi Radio WinFm 95.7 Mhz Bogor
VISI
“Menjadi Stasiun Radio yang terdepan dalam menyajikan informasi dan hiburan masyarakat Indonesia”

                                                      MISI
1.      Memberikan sajian informasi mengenai berita secara cepat dan akurat dengan konsep yang kreatif dan inovatif.
2.      Menyajikan konsep musik yang bersifat umum yang dibutuhkan oleh anak muda hingga dewasa.







BAB II
HASIL ANALISA SISTEM INFORMASI

A.    Tinjauan Perusahaan
1.1  Sejarah Perusahaan
WinFm 95.7 Mhz Bogor  terbentuk dari hobi pemilik Radio WinFm
                   yaitu Bapak Erwin Chuzairin  dibidang teknik.
radio yang selalu mengutamakan produk dalam negeri dan kualitasnya yang tidak kalah dengan produk luar negeri,  pepatah mengatakan : “hari gini pakai produk luar negeri mau jadi apa negara ini?” dan kebetulan owner kami aktif di RAPI, ORARI dan Komunitas Radio lainnya dan membuat pula Ant, exciter, booster dll. Oleh karena itu kami memberanikan diri untuk membuat suatu station radio yang didukung langsung oleh DISKOMINFO KAB.BOGOR, dan tentunya sebelum itu didukung terlebih dahulu oleh masyarakat setempat baik warga, RT, RW, dan Kelurahan, akhirnya pada tanggal 30 Juli 2011 berdirilah Radio WinFm 95.7 Mhz.
     Kenapa kami memilih radio ? Karena radio media yang paling cepat untuk memberikan informasi serta murah dibandingkan media lain, dan kami pun menyajikannya berupa hiburan yang positif kepada masyarakat luas lewat sms dan interaktif guna menjalin tali persaudaraan dan silahturahmi, sesuai moto kami ‘kenal di udara di darat kita saudara’ dan dari kita untuk kita. Radio kami mempunyai program acara yang bersifat universal untuk semua segmen masyarakat.
Kami selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas siaran baik lewat analog maupun via Radio Internet dengan menggunakan Streaming Radio di Web kami di http://winfm957.blogspot.com, http://moderatgroup.com yang bisa menjangkau ke seluruh manca negara,  oleh karena itu  kami minta dukungan semua pihak agar Radio kami bisa berjalan lebih profesional dalam penyiaran serta bertambah jangkauan.




1.2. Aspek Legalitas Perusahaan
Nama Badan Hukum            : CV. WIN AURA JAYA
Nama Panggilan di Udara    : WIN FM
Frekuensi                               : FM 95.7 MHz
Berdiri                                    : 30 Juli 2011
Akte Pendirian                      : 16 April 2012 No.26
Pengesahan Kehakiman       :NUR NADIA TADJOEDIN,S.H     SK.Men.Kum.Dang  R.I No.C 151.HT.0301.TH.2000
Alamat                                    :Komplek PEPABRI Ciluar Permai Sukaraja Bogor
No. Telephone                       : +62818-108-291
E-mail                                     : winfm@ymail.com
Twitter                                   : winfm957
Facebook                                : WinFm Redio Station
NPWP                                                : 31.521.844.6-403.000
SIUP                                       : No.01488/10-20PK/PO/
TDP                                        : 10.20.3.46.08257
Bank                                       : BCA
No. Rekening                         : 0950708514






1.3  Struktur Organisasi


 


















B.     Analisa sistem penyiaran Di Radio WinFm 95.7 Mhz Bogor
Siaran radio merupakan kombinasi yang menggunakan simbol audio (suara) yang disiarkan dari stasiun pemancar radio dan diterima khalayak melalui pesawat penerima.  Dalam mempersiapkan acara siaran radio harus harus memperhatikan beberapa faktor yang menentukan efektifitasan siaran tersebut, yaitu :
A.    Faktor situasional atau lingkungan
B.     cara atau metode penyampaian
C.     materi siaran itu sendiri
C.    Prosedur berjalan sistem  siaran radio di WinFm adalah dengan metode yang telah ditentukan yaitu :
1.         Penyiar menyalakan BOSSTER pemancar radio yang terhubung
   Kepada perangkat siaran dan tower radio.
2.      Masuk ruang siaran, menyalakan komputer yang digunakan untuk siaran, mempersiapkan aplikasi-aplikasi yang akan digunakan untuk siaran dan menyiapkan perangkat seperti microphone, mixer, dll.
3.      pemilihan topik, selaraskan dengan format atau programming, dengan menyiasati dampak apa yang akan muncul di benak pendengar.
4.      Input lagu opening siaran sesuai program acara yang telah ditentukan
5.      Opening pengantar penyiar di awal lagu, tuturan pengantar disampaikan oleh penyiar yang tengah bertugas, sementara tuturan isi bisa dikomunikasikan oleh penyiar itu sendiri.


Opening siaran diantaranya :
- kata sapaan
- nama penyiar
- sebutan bagi pendengar
- nama program
- nama dan frekuensi stara (stasiun radio)
- waktu (jam dan tanggal)
- sekuen (episode, edisi, sesi)
- isi acara (topik, masalah, bintang tamu)
-sounding nomer  dan  nomer sms



6.  Ditengah siaran, tidak boleh tertinggal untuk pemutaran iklan.
     Ada dua macam jenis iklan yaitu :
1.      Iklan Adllips : iklan baca yang telah disediakan oleh pihak management radio untuk dibacakan oleh penyiar yang sedang melakukan siaran.
2.      Iklan Spot : iklan yang telah di produksi oleh Music Director untuk diputar disetiap acara radio yang berdasarkan ketentuan dr pihak marketing radio.
6.       1  jam pertama membacakan request yang masuk via SMS
7.       1  jam berikutnya membuka request lewat layanan telepon
8.       1 jam terakhir membacakan request via facebook dan twitter
9.      Bila acara telah selesai dibawakan, langsung closhing acara.





D.    Sarana dan Prasarana dalam Ruang Siaran
a.  Audio Mixer

Mixer adalah alat untuk mengatur sinyal elektrik dari microphone studio, tape recorder, dan sinyal prosesor. Operator menggerakan isarat ini dengan knob/tombol, kemudian mengarahkan kembali sinyal ke tape recorder, sinyal prosesor, dan monitor power amplifier. namun sekarang telah banyak keluar audio mixer yang tidak hanya berfungsi sebagai pencampursaja namun juga sebagai pemroses audio ini dinamakan consul atau juga banyak yang menyebut dengan mixer consul.
Mempelajari alat yang satu ini emang agak ribet, tapi jika anda tekun, pasti anda bisa menguasai. Anda haruslah bisa menghafal chanel-chanel mixer yang anda gunakan. chanel microphone, komputer, hybrid telepon, vcd/dvd, perangkat relay, dsb. Insya allah tidak berselang lama, anda akan otomatis mengetahui posisi fader (pada foto disamping, fader adalah tombol yang berwarna hitam. biasanya digerakkan dari bawah ke atas). Jangan lupa juga untuk memperhatikan lampu/layar level indikator yang ada di mixer anda, sehingga anda bisa mencocokkan intensitas volume lagu dan microphone anda.













b.  Microphone

Microphone adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghantarkan getaran suara kepada out speaker. Maka ujung tombak pengeras suara adalah microphone, benda ini dapat dikunjungi dengan beberapa macam istilahnya ada yang mono dan stereo, berkaki dua dan empat, basic dan wireless, microphone classic dan moderen, microphone buat rekaman hingga microphone yang sering digunakan untuk adzan di mushola






c. Komputer
 Komputer adalah media informasi dengan memasukan input dan   memproses data dengan mengeluarkan hasil output yang kita inginkan dan bekerja secara otomatis. Dikerjakan dengan software atau applikasi dan tersimpan melalui media penyimanan data.
Data adalah bahan dasar yang akan diproses untuk menghasilkan sebuah informasi. Jadi, informasi adalah kumpulan kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berarti untuk penerima informasi tersebut, contohnya lagu-lagu yang akan diputar di radio

d. Software

 Macam-macam software yang dapat digunakan untuk siaran.
 Diantaranya Adobe Cool Edit, SAM Broadcater, Dll
 WinFm menggunakan aplikasi SAM Broadcaster ketika proses siaran     dan pemutaran lagu sedang berlangsung.

SAM BROADCAST


EVERYTHING




Tampilan ketika sedang input lagu



Tampilan SMS Masuk









Aplikasi khusus untuk Music Director
Sebagai sarana untuk manajemen data playlist lagu yang akan dimainkan di ruang siar.
• Penjawalan Lagu sangat ketat sehingga lagu yang muncul di Komputer Onair adalah lagu-lagu yang yang sudah diset oleh seorang Music director.
• Dapat membuat chart atau urutan lagu yang sering diputar.




e. Headphones
Fungsi headphone adalah untuk mendengarkan aktifitas yang sedang mengudara. Sehingganya penyiar diwajibkan untuk menggunakan headphones disaat siaran berlangsung. Headphones juga sengaja diadakan untuk mengantisipasi brooming jika kita menggunakan speaker kontrol yang biasa, mengingat dalam ruangan tersebut microphone juga aktif ketika anda menyiar. Jangan lupa perhatikan tanda L dan R di speaker headphones. tanda L berarti LEFT yag artinya posisi di telinga kiri dan R berarti RIGHT yang berarti digunakan di telinga kanan.
f. Hybrid Telepon
Hybrid adalah sebuah alat yang mengkonversi sambungan telepon biasa ke mixer siaran anda. Hal ini membuatan anda bisa berkomunikasi langsung dengan pendengar. Anda juga harus bisa mengenali alat tersebut, biasanya hybrid diaktifkan sebelum fader mixer digeser keatas, hal ini mengantisipasi adanya bunyi yang tidak diinginkan terdengar oleh pendengar.


g. Modem
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Dengan adanya internet, dunia siaran akan terbantu, karena script writer biasanya mencari bahan berita dari internet. Penyiar juga bisa mendapatkan bahan obrolan dari internet. Bahkan siaran radio dapat didengarkan oleh seluruh dunia dengan proses streaming.








h. Antena
Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara. Fungsi antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (Pelepasan energy elektromagnetik ke udara / ruang bebas)

i.      STL ( Studio Transmitter Link)
STL berguna untuk memancarkan program siaran dari studio ke pemancar dengan lokasi yg berbeda. Kami Desain dengan system dual conversi untuk kepekaan dan selektifitas yang handal, tersedia dalam mode manual dan LCD Display

j.        Penguat (Amplifier)
adalah komponen elektronika yang dipakai untuk menguatkan daya (atau tenaga secara umum). Dalam bidang audio, amplifier akan menguatkan signal suara (yang telah dinyatakan dalam bentuk arus listrik) pada bagian inputnya menjadi arus listrik yang lebih kuat di bagian outputnya. Besarnya penguatan ini sering dikenal dengan istilah gain. Nilai dari gain yang dinyatakan sebagai fungsi frekuensi disebut sebagai fungsi transfer.
intermediate Power Amplifier (IPA) dibutuhkan pada beberapa pemancar untuk meningkatkan tingkat daya RF agar mampu menghandle final stage
power Amplifier di tingkat akhir menaikkan power dari sinyal sesuai yang dibutuhkan oleh sistem antena

E.     Permasalah sistem penyiaran di Radio WinFm 95.7 Mhz

No comments:

Post a Comment

Post a Comment