Monday, April 22, 2013

Persediaan Barang Dagang (Penilaian & Pencatatan)



BAB XVI : PERSEDIAAN BARANG DAGANG (Penilaian dan Pencatatan)
HARGA TERENDAH ANTARA HARGA POKOK DAN HARGA PASAR
Harga terendah antara harga pokok dan harga pasar adalah penilaian persediaan dimana persediaan dilaporkan pada harga yang terendah antara harga pokok dan harga pasar (nilai gantinya). Metode harga terendah antara harga pokok dan harga pasar dapat diterapkan dengan tiga cara yaitu : (a) pada tiap-tiap jenis barang, (b) pada tiap-tiap kelompok besar barang, (c) pada nilai persediaan secara keseluruhan.

KARTU STOK
Kartu stok adalah formulir untuk mencatat setiap perubahan yang terjadi setiap kali terjadi transaksi dalam satu jenis barang. Ada tiga hal yang dicatat dalam kartu stok, yaitu penambahan , pengurangan dan saldo yang ada setelah terjadinya suatu transaksi.
BEBAN DIBAYAR DIMUKA
Beban dibayar dimuka adalah pengluaran-pengluaran untuk barang dan jasa yang akan digunakan untuk atau member manfaat dimasa mendatang. Beban dibayar dimuka dapat dicatat dengan dua cara yaitu, (a) mula-mula dicatat dalam akun aktiva, (b) mula-mula dicatat dalam akun beban.
PENDAPATAN MASIH HARUS DITERIMA
Pendapatan masih harus diterima adalah pendapatan yang telah dihasilkan, tetapi uangnya belum diterima contohnya bunga atas wesel tagih yang sudah dihasilkan tetapi uangnya belum diterima karena wesel tersebut belum jatuh tempo.

No comments:

Post a Comment